Selasa, 08 Juni 2010

INDAHNYA CINTA KEPADA ALLAH

Siapa yang tidak pernah mengalami perasaan cinta? Kayaknya ne siapapun pernah mengalami perasaan cinta dalam hatinya. Termasuk penulis sendiri pastinya. .hehe ( promosi ni ) (^_ ^).

Perasaan cinta merupakan suatu perasaan yang sungguh indah ketika dialami oleh seseorang. Perasaan ini dapat melahirkan sifat rela berkorban, tanggung jawab n lainyya. Wow, sungguh dahsyat ya. .

Tapi, Eits. . .jangan negative thinking dulu y ketika penulis mengemukakan pembahasan tentang cinta. Karena cinta itu sangat luas maknanya dan cakupannnya dan bermacam-macam pula dan tingkatannya pun berbeda.

Yuuk kita lihat beberapa definisi tentang cinta antara lain:
 Kamus Besar Bahasa Indonesia : perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh berlas kasihan.
 Dr. Abdullah Nasih Ulwan (dalam bukunya manajemen cinta): perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang.
 Erich From, cinta merupakan tindakan aktif (bukan pasif), berdiri didalam cinta (bukan jatuh didalamnya), memberi (bukan menerima).

Nah, kita udah kemukakan arti kata cinta, jadi cinta yang maksud penulis disini bukan hanya cinta ke lain jenis (seperti laki-laki dengan perempuan) karena cinta juga bermacam-macam antara lain cinta kepada Allah, Rasul, orangtua, kekasih, adik, guru, dan masih banyak (kalau mau dituliskan semuanya, bisa jadi buat satu buku).

Dan selain itu cinta juga memiki tingkatan. Sudah selayaknya kita sebagai hamba Allah (manusia) menempatkan cinta kepada Allah ‘Azza Wajala sebagai hakikat tingkatan cinta yang teragung.

 Cinta yang teragung = cinta kepada Allah yang Maha Penyayang.

Nah, cinta kepada Allah-lah yang paling agung dan paling indah ketika kita sudah memilikinya. Cinta kepada Allah akan menjadikan kita menjadi pribadi yang ikhlas, sabar, berakhlakul karimah, rajin beribadah, tekun belajar dan lainnya. wah, sungguh tak berhingga efek yang kita rasakan kalau cinta kepada Allah telah bersemi di hati kita yang gersang ini. Subhanallah. . Allahu Akbar. (Ya Allah, kami bermohon agar engkau lembutkan dan sejukkan hati kami dengan cinta dari-Mu, . Amiin Ya Rabbil ‘izzaty.)

Duch ngomongin cinta kepada Allah, sungguh indah ya. . Akhi dan ukhti gimana ya cara dan langkah mendapatkan cinta Sang Khaliq. Yuuk kita lihat bersama (ayo semangat).

1. Taat terhadap perintah Allah yang dibawa oleh Rasul-Nya
Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Katakanlah, Jika kalilan benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad SAW), niscaya Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian.” (Ali “Imran: 31).

2. Membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an.

3. Mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan-amalan wajib dan Sunnah

4. Senantiasa cinta terhadap ilmu dan mengamalkan ilmu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

5. Selalu zikir kepada Allah setiap waktu.
Sesuai dengan firman Allah: ”Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab:41).

6. Berkhalwat (berduaan) dengan Allah dengan melaksanakan Ibadah Qiyamul Lail di 1/3 malam ter akhir.

7. Selalu beristighfar kepada Allah setiap saat

8. Meninggalkan maksiat dan segala bentuk dosa besar serta tidak berkekalan dengan dosa kecil.

9. Ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT.

Alhamdulillah, demikian lah artikel singkat penulis tulis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi penulis dan orang lain. Semoga Kita termasuk hamba-hamba Allah yang memperoleh kemuliaan cinta-Nya. Aamiin. . (saran-saran yang bersifat membangun ditunggu ya sahabat-sahabat). .^_^

1 komentar: